Life Hacks Journal

5 Manfaat Kayu Manis (Cinnamon) dalam Bidang Kesehatan

May 20, 2021
Kehamilan dan Menyusui

Manfaat kayu manis sebagai bumbu masakan sudah lama dikenal. Kayu manis adalah rempah-rempah hasil ekstraksi kulit pohon genus Cinnamomum yang termasuk ke dalam komoditi ekspor terbesar Indonesia.

Namun, tidak hanyadigunakan sebagai campuran makanan dan minuman, rempah ini juga dimanfaatkandalam industri obat-obatan dan kosmetik karena terbukti mempunyai berbagai manfaat dalam bidang kesehatan. Salah satu spesies kayu manis yang mempunyaiperan penting dalam kesehatan adalah kayu manis asli Indonesia, yaitu Cinnamomumburmannii, yang juga dipercaya bermanfaat untuk mencegah mual, mengurangikejang otot, mengeluarkan gas, dan mencegah infeksi.

Dalam dunia kesehatanmanusia, kayu manis mempunyai berbagai peranan cukup besar, antara lain sebagaiantioksidan dan antimikroba saat berhadapan langsung dengan oksidan ataumikroba, serta berperan sebagai antiinflamasi, antikanker, dan antidiabetessecara tidak langsung melalui mekanisme reseptor termediasi. Peran kayu manisdalam kesehatan didukung oleh bahan-bahan aktif yang terdapat pada minyakesensial pada kayunya, antara lain cinnamaldehyde, cinnamyl acetate, dancinnamyl alcohol.

Manfaat kayu manis untuk kesehatan

1. Anti Penggumpalan darah

Kandungan bahan aktifpada kayu manis, cinnamaldehyde, telah diteliti mempunyai efek pada trombositdarah, yaitu bagian darah mempunyai peran dalam proses penggumpalan darah padasaat terjadinya luka. Namun, pada kondisi tertentu, trombosit juga memilikikecenderungan untuk menggumpalkan darah pada keadaan normal. Selain menghambataliran darah, penggumpalan darah di dalam peredaran darah oleh trombosit akanmemengaruhi proses pengangkutan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh sertameningkatkan tekanan darah.

Cinnaldehyde pada kayu manis dapat membantu mencegahpenggumpalan darah ketika tidak diinginkan dengan menghambat pelepasan asamlemak arachidonic dari trombosit dan mengurangi pembentukan molekul thromboxaneA2 dari trombosit. Hal ini juga telah dibuktikan melalui penelitianoleh tim dari Chiba University, Jepang.

2. Meningkatkan Sensitivitas terhadap hormon insulin

andungan kromium danpolifenol dalam kayu manis terbukti meningkatkan sensitivitas terhadap hormoninsulin, mengingat senyawa-senyawa ini mempunyai efek yang mirip denganpersinyalan insulin dan kontrol glukosa. Semakin meningkatnya sensitivitasterhadap insulin dalam tubuh seseorang, semakin sedikit jumlah insulin yangdibutuhkan oleh orang tersebut untuk membuat gula darah menjadi stabil. Denganmeningkatnya sensitivitas terhadap hormon insulin, risiko penyakit tekanandarah tinggi, diabetes tipe dua, dan kolesterol bisa diminimalisir.

3. Peran dalam penyakit neurodegeneratif

Neurodegeneratif ataukematian sel saraf merupakan pemicu berbagai penyakit saraf, seperti penyakit Alzheimer, Parkinson, Huntington, dan sejenisnya. Penyakit-penyakitneurodegeneratif ini berhubungan dengan kerusakan sel-sel saraf danmempengaruhi pengendalian gerak, pengolahan informasi sensorik, hinggapengambilan memori.

Manfaat kayu manissudah lama dipercaya dalam terapi penyakit neurodegeneratif, salah satunyaadalah penyakit Alzheimer. Senyawa cinnamaldehyde dan epicatechinyang terkandung di dalam kayu manis mampu mencegah pengumpulan protein tau (τ)di otak. Senyawa-senyawa ini telah terbukti mencegah penggumpalan untuk terjadidan kemungkinan bisa mencegah penyakit Alzheimer.

4. Antioksidan

Di antararempah-rempah yang ada, kayu manis telah terbukti mempunyai aktivitasandioksidan yang tinggi. Kayu manis mengandung antioksidan, salah satunyapolifenol (hydroxycinnamic acids), yang bisa melindungi tubuh darikerusakan oksidatif akibat radikal bebas. Polifenol dalam kayu manis juga bisabermanfaat untuk menjaga dan memelihara kesehatan manusia lainnya, antara lainmelindungi kulit dari radiasi sinar UV, mengurangi tanda-tanda penuaan,mengurangi inflamasi, menjaga kesehatan otak dan melindungi dari dementia,menjaga sistem jantung dan pembuluh darah, serta menghambat pertumbuhan tumordan sel kanker.

Antioksidan dari bahanmakanan merupakan salah satu hal yang dibutuhkan oleh manusia jaman sekarang,terutama mereka yang harus berurusan dengan polusi di kota-kota besar, untuktetap menjaga kesehatan, dan konsumsi kayu manis secukupnya merupakan salahsatu solusi dari permasalahan ini.

5. Antimikroba

Kayu manis memilikikemampuan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri dan jamur, salah satunya darijenis Candida. Candida merupakan mikroorganisme penyebab infeksiyang bisa ditemukan di mulut, usus, dan vagina, yang menyebabkan penyakit padakulit dan membran mukus. Infeksi Candida pada bagian dalam tubuh bisadikurangi bahkan dihentikan dengan mengonsumsi kayu manis. Peran ini didukungoleh kandungan cinnamaldehyde yang terdapat pada minyak kayu manis.

Selain mengobatiinfeksi yang disebabkan oleh jamur Candida, manfaat kayu manis yang lainadalah dapat mengobati penyakit-penyakit Irritable BowelSyndrome (IBS)yang disebabkan oleh bakteri gastroenteritis.

Do you want to be our reseller?

We'd love to work with you!