Life Hacks Journal

Bawang Putih Tunggal - Manfaat Bagi Tubuh

May 20, 2021
Gangguan Lambung dan Pencernaan

Bawang putih adalah nama tanaman sekaligus umbi dari tanaman itu sendiri. Bawang putih masih termasuk dalam famili Alliaceae dari genus Allium. Umbi dari tanaman bawang putih sangat familier di kalangan ibu-ibu rumahtangga, karena bawang putih adalah bahan utama untuk bumbu dasar masakan Indonesia. Kandungan kallin /kalin di dalamnya, membuat bawang putih yang masih mentah terasa getir (pahi tagak pedas) ketika dimakan.

Penelitian tentang bawang putih membuktikan adanya kandungan zat-zat pada bawang putih yang bermanfaat untuk kesehatan.Kandungan minyak atsiri pada bawang putih misalnya memiliki khasiat sebagai anti bakteri alami. Kandungan aliin bermanfaat untuk anti kolesterol. Bawang Putih juga mengandung kalsium, saltivine, belerang, fosfor, protein, lemak,besi serta vitamin A,B1 dan C.Ketika bawang putih dimemarkan/dihaluskan,zat aliin yang sebenarnya tidak berbau akan terurai.

Perbedaan Bawang Putih dengan Bawang Putih Tunggal

Bawang putih tunggal adalah bawang putih yang tidak ada teman dalam satu wadah kulit bawang putih.Jenis yang satu ini dikenal dengan nama bawang putih tunggal atau bawang putih lanang. Sama seperti bawang lainnya, ia juga mengandung minyak atsiri, senyawa allicin dan masih banyak lagi lainnya. Uniknya, bawang lanang ini memiliki bentuk bulat dan warnanya jauh lebih putih ketimbang bawang biasa. Meski Demikian, bawang jenis ini memang masih jarang digunakan dalam keseharian jika dibandingkan dengan bawang putih biasa. Mencari penjual bawang putih lanang atau bawang putih tunggal juga tidak mudah. Bawang lanang ada yang lokal dan import tetapi yang lokal lebih bagus dan terasa khasiatnya. Mengapa bawang lanang atau tunggal lokal lebih berkhasiat ? Mungkin karena dalam proses penanaman alami sehingga bebas, terhindar dari pestisida dan residu bahan-bahan kimia pertanian.

Khasiat Bawang Putih Tunggal

yang pertama adalah kemampuannya mencegah penyakit kanker. Hal ini terkait erat dengan kandungan sulfida yang ada di dalamnya. Senyawa kimia ini bisa membantu organ hati dalam melawan senyawa beracun yang bisa memicu kanker. Bawang putih tunggal juga ampuh mengobati serangan virus influenza. Aroma khas bawang ini mampu mengaktifkan kinerja membran mocus sehingga saluran pernafasan menjadi lega karena lendir perlahan akan keluar.

Konsumsi bawang putih tunggal secara teratur diketahui mampu menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Kolesterol bisa memicu tekanan darah tinggi yang bisa berakibat pada organ jantung. Jadi, konsumsi bawang putih juga bisa melindungi jantung Anda.Bawang putih tunggal ini juga dikenal mampu mengatasi penyakit maag.

Manfaat dan Khasiat Lain Bawang Putih Sebagai Obat

Bawang putih juga merupakan afrodisiak yang ampuh karena membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga membantu ereksi. Selain sebagai pendongkrak stamina seks, Bumbu ini banyak sekali mengandung zat gizi dan fitonutrien yang sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh. kini dapat dipastikan bawang putih juga mampu menangkal flu,membasmi cacing perut, mengobati rematik, dan meredakan insomnia.

Juga mampu memerangipenyakit-penyakit degeneratif seperti hipertensi, stroke, jantung koroner,diabetes, kanker dan  ketidakseimbangan kolesterol . Hal ini disebabkan karena adanya zat ajoene yang terkandung di dalamnya, yaitu suatu senyawa yang bersifat antikolesterol dan membantu mencegah penggumpalan darah. Bawang putih juga dapat  melumpuhkan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh, memperlambat proses penuaan dini, memperbaiki gangguan tekanan darah tinggi, mencegah rematik dan mengurangi rasa sakit pada tulang .Membantu Menambahkan nafsu makan apabila dikonsumsi mentah.

Dari sekian banyak manfaat bawang putih, para ahli telah menemukan manfaat baru bawang putih yaitu dapat mencegah berat badan dan bahkan menurunkan berat badan. Suatu tes laboratorium menunjukkan bahwa tikus-tikus yang diberikan gula diet akan mengalami penurunan berat jika mereka diberi juga komponen bawang putih.

Ekstrak bawang putih mengandung antioksidan yang bermanfaat untuk melawan oksidasi dari serum lemak.Hasil riset menunjukkan, dapat menurunkan kolestrol jahat (LDL) (Low DensityLipoprotein), dapat diturunkan tanpa mengganggu kadar kolesterol HDL dengan ekstrak bawang putih. Ekstrak bawang putih juga terbukti bermanfaat untuk memelihara aliran darah tetap lancar.

Do you want to be our reseller?

We'd love to work with you!