Life Hacks Journal

Berbagai Manfaat Jahe, Dari Mencegah Mual Hingga Melawan Kanker

May 20, 2021
Kesehatan Anak

Manfaat jahe bukan hanya sebagai tumbuhan yang bisa menghangatkan tubuh saja. Jahe merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tenggara. Tanaman jahe ini kemudian menyebar ke berbagai negara. Terkenal karena aromanya yang khas, jahe dijadikan bahan masakan sekaligus pengobatan alternatif di Cina, India, hingga Timur Tengah.Saat memilih jahe terutama jika ingin Anda gunakan untuk pengobatan, Anda dapat memilih jahe yang masih segar, strukturnya kokoh, halus, dan tidak berjamur. Apa saja manfaat jahe yang bisa Anda dapatkan untuk kesehatan?

Kegunaan dan manfaat jahe

Jahe segar memiliki rasa yang lebih kuat jika dibandingkan dengan jahe bubuk, kandungan gingerol yang baik bagi kesehatan juga masih banyak terdapat pada manfaat jahe segar.Untuk memanfaatkan jahe segar, Anda dapat mencampur jahe dengan masakan seperti masakan olahan seafood, topping salad, dan campuran smoothies atauatau jus Anda.

Namun jika memilihjahe dalam bentuk bubuk, pastikan Anda memilih bubuk jahe yang masih murni.Minuman bubuk jahe yang dijual di pasaran biasanya sudah mengandung tambahangula. Simpan bubuk jahe dalam wadah tertutup rapat dan disimpan di tempat yangkering, gelap, serta tidak pengap atau panas.

Manfaat jahe bagi kesehatan

1. Mengatasi masalah pencernaan

Manfaat jahe memilikisejarah panjang dalam mengatasi masalah terkait pencernaan. Dikenal darigenerasi ke generasi, jahe merupakan salah satu bahan alternatif untuk memperlancar sistem pencernaan. Kandungan phenolic dalam jaheberfungsi untuk meredakan gejala iritasi gastrointestinal, menstimulasi airliur, mencegah terjadinya kontraksi pada perut, hingga membantu pergerakanmakanan dan minuman selama berada di pencernaan. Jahe juga disebut sebagai carminative,suatu substansi yang dapat membantu mengeluarkan gas berlebih yang ada disistem pencernaan Anda. Masalah pencernaan seperti kolik dan dispepsia dapatdiatasi dengan jahe.

2. Mengurangi mual

Manfaat jahe dapatmeredakan mual yang disebabkan oleh morning sickness, vertigo, maupun efek samping pengobatankanker. Anda dapat memakan jahe secara mentah atau menjadikanya minuman, jahedalam bentuk permen juga dapat bekerja dengan baik terutama dalam mengatasi mual yang diderita ibu hamil.

3. Mengurangi rasa sakit

Suatu penelitian yangdilakukan di University of Georgia menyatakan bahwa konsumsi suplemen jahesetiap hari dapat mengurangi sakit-sakit otot yang diakibatkan oleh berolahragahingga 25%. Manfaat jahe juga dapat mengurangi sakit akibat dysmenorrhea, rasa sakit pada saat menstruasi. Dalam suatupenelitian, disebutkan bahwa 60% wanita merasa rasa sakit yang dikarenakan olehmenstruasi berkurang setelah mengonsumsi jahe.

4. Membantu proses detoksifikasi dan mencegah penyakit kulit

Jahe merupakan salahsatu jenis makanan yang disebut diaphoretic, manfaat jahe juga dapat memicukeluarnya keringat. Pengeluaran keringat bermanfaat bagi Anda terutama saatAnda sedang demam atau flu. Selain membantu proses detoksifikasi, berkeringatjuga ternyata dapat melindungi Anda dari mikroorganisme yang dapat menyebabkaninfeksi pada kulit. Para ahli meneliti sejenis protein yang disebut dermicidin,diproduksi pada kelenjar keringat dan berfungsi melindungi tubuh dari bakteriseperti E. coli, staphylococcus aureus, serta jamur yang dapat menyebabkan penyakit kulit.

5. Melindungi Anda Dari kanker

Salah satu kandungandalam manfaat jahe yang berperan dalam mencegah kanker adalah gingerol, phytonutrient dalam jahe yang juga memberikan rasapada jahe yang unik. Gingerol dapat mencegah pertumbuhan sel kanker usus besar.University of Minnesota melakukan percobaan kepada sekelompok tikus, padakelompok yang diberi gingerol terdapat 4 tikus yang mengalami tumor usus besar,sementara pada kelompok yang tidak diberi gingerol terdapat 13 tikus yang mengalamipertumbuhan tumor. Sampai pada hari ke 49 penelitian, seluruh tikus yang tidakdiberi gingerol akhirnya disuntik mati karena pertumbuhan tumornya sudahterlalu besar, sementara pada tikus yang diberi gingerol ukuran tumornyasetengah dari ukuran tikus yang disuntik mati.

Peneliti yang samakemudian menguji apakah selain mencegah pembentukan tumor, gingerol juga dapatmencegah penyebaran dan mengurangi tingkat keparahan sel tumor. Penelitiantersebut memberikan hasil positif. Gingerol dinilai mampu mencegah penyebarandan bertambah parahnya sel tumor yang sudah tidak dapat dioperasi.

6. Anti peradangan

Gingerol ternyata juga bersifat anti-inflamatori. Hal ini menjelaskan mengapa mereka yang menderitapenyakit persendian seperti osteoarthritis dan rematik melaporkan berkurangnyarasa sakit setelah mengonsumsi jahe secara teratur. Mengonsumsi jahe tidakhanya mengurangi rasa sakit tetapi juga mengurangi pembengkakan pada bagianyang sakit. Jahe diperkirakan dapat menghambat komponen yang berperan dalam proses inflamatori dalam tubuh seperti sitokin, kemokin, kondrosit, dan leukosit.

Manfaat jahe untuk menurunkan berat badan

Dalam sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti dari Institute for Human Nutrition di ColumbiaUniversity menemukan bahwa mengkonsumsi jahe panas untuk diet bisa membuat Anda Merasa kenyang lebih lama. Akibatnya, Anda pun cenderung tidak makan lebihbanyak nantinya.

Tidak hanya itu, studi ini juga menemukan bahwa jahe dapat membantu menekan nafsu makan Anda. Hal ini terjadi karena jahe dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh dan kalori yang dibakar.

Penelitian lain juga menemukan hal serupa tentang jahe

Sementara sebuah kajian baru yang diterbitkan dalam Annals of New York Academy of Sciences, menelitilebih dari dari 60 temuan penelitian terdahulu yang dilakukan pada kultur sel,hewan percobaan, dan manusia. Secara keseluruhan penelitian menyebutkan bahwajahe dan berbagai senyawa yang terkandung di dalamnya memberikan efekmenguntungkan terhadap obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Tidak hanya itu, jahepun telah terbukti mampu menghambat stres oksidatif (bentuk penuaan seluler),memiliki sifat anti-inflamasi, menurunkan kadar kolesterol serta tekanan darah.Bahkan, jahe bisa mengurangi aterosklerosis, yaitu penumpukkan lemak berbahaya di pembuluhdarah arteri.

Dalam penelitiantersebut, dijelaskan bagaimana rempah jahe berperan dalam pembakaran lemak,pencernaan karbohidrat, dan produksi insulin. Saat diumpankan ke tikus, jahetelah terbukti mengurangi berat badan dan peradangan sistemik secarasignifikan, menurunkan kolesterol dan gula darah serta melindungi hati dariefek berbahaya penyakit perlemakanhati non-alkohol.

Do you want to be our reseller?

We'd love to work with you!