Life Hacks Journal

Berbagai Manfaat Menakjubkan Kunyit untuk Kecantikan dan Kesehatan Tubuh

May 20, 2021
Asam Urat dan Sendi

Tidak cuma menyedapkan masakan, kunyit atau kunir adalah rempah yang juga memiliki beragam khasiat untuk kesehatan. Anda mungkin sudah cukup familier dengan manfaat kunyit untuk meredakan gangguan pencernaan. Apa lagi manfaatnya? Yuk, cari tahu!

Berbagai manfaatkunyit untuk kesehatan

Selain untuk membantumengatasi masalah pencernaan, kunyit ternyata juga memiliki khasiat lain yangmungkin belum pernah Anda bayangkan sebelumnya. Mulai dari mengurangiperadangan hingga penawar bisa ular, berikut adalah manfaat-manfaat yangterkandung di dalam kunyit:

Meredakan peradangan

Zat aktif kurkumindalam kunyit adalah antioksidan yang mengandung efek antiradang poten. Adakurang lebih 200 miligram kurkumin dalam satu sendok teh kunyit segar yangdiparut halus atau versi bubuknya.

Kurkumin diyakinibekerja memblokir kerja sitokin dan enzim penyebab inflamasi dalam tubuh.Kurkumin juga bekerja mengurangi peradangan dengan menurunkan kadar histaminsementara meningkatkan produksi kortison alami di kelenjar adrenal.

Berangkat dari situ, berbagai hasil uji praklinis dari The AAPS Journal melaporkankhasiat kunyit yang menjanjikan untuk berbagai penyakit terkait peradangan.Mulai dari kanker, penyakit kardiovaskular, sindrom koroner akut, radang sendi,aterosklerosis, dan diabetes.

Namun, sampai sejauhini belum ada satu pun penelitian besar yang mampu memverifikasi bukti-buktikhasiat antiradang kunyit pada manusia.

Mengobati maag

Kunir sudah sejak lamapopuler digunakan sebagai obat gangguan pencernaan alami. Maka ketika gejala maag kambuh, tidak ada salahnya menyeduh secangkir tehkunyit hangat untuk meredakan nyerinya.

Maag dapat munculdipicu oleh timbulnya luka di lambung akibat infeksi bakteri H. pylori,konsumsi obat antinyeri jangka panjang, racun rokok, alkohol, dan makanantertentu. Berbagai hal ini dapat mengikis lapisan dinding usus dan kerongkongansehingga memicu refluks asam lambung naik.

Nah, penelitian darij urnal Pharmacognosy Reviewsmengamati efek curcumin mengobati peradangan akibat luka dan melindungi perutdari iritan-iritan tersebut dengan meningkatkan produksi lendir dindinglambung.

Selain itu, artikeldalam jurnal Systematic Reviews mengatakan kunyit membantu mengurangi frekuensi kekambuhan gejala maag.Sebab kurkumin dalam kunyit juga bekerja mengendalikan produksi asam lambungdan empedu berlebih.

Mengempiskan perut kembung

Buang gas (kentut)adalah tanda pencernaan Anda baik-baik saja, tapi kalau sudah berlebihan?Tandanya ada yang salah dengan perut Anda.

Kurkumin membantu ototorgan pencernaan agar tetap bergerak lancar seperti seharusnya untuk mengurangitekanan gas dalam perut. Kuyit juga sekaligus membantu lambung menghentikanproduksi asam berlebihan yang menyebabkan perut kembung.

Meredakan gejala IBS (irritable bowel syndrome)

Irritable bowel syndrome (IBS) adalah peradangan usus besar yangmenyebabkan masalah BAB jangka panjang. Jika peradangan tersebut membuatkontraksi usus terlalu sering mengejang, akibatnya adalah diare kronis.Sebaliknya jika peradangan membuat otot usus jadi jarang berkontraksi,akibatnya justru sembelit kronis.

Menyimpulkan sejumlahpenelitian berbeda, kunyit dikatakan aman dan mudah ditoleransi untukorang-orang yang punya IBS. Penelitian dari Singapura yang dimuat dalam Journal of Clinical Medicine tahun 2018 memperlihatkan kunyit mengurangiintensitas sakit perut yang disebabkan oleh gejala IBS.

Potensi ini berasaldari efek antioksidan dan antiradang kurkumin yang membantu melancarkan kerjaotot pencernaa. Penelitian yang sama juga menemukan manfaat kunyit untukmenyeimbangkan koloni bakteri baik dalam usus.

Selain masalah diarekarena IBS, kunyit juga bermanfaat untuk mengatasi diare yang diakibatkan olehkeracunan makanan. Kandungan magnesium dan kalium dalam kunyit membantu melawandehidrasi dan menyeimbangkan cairan tubuh yang terkuras akibat diare.

Mengurangi mual

Ketika diracik denganbubuk lada hitam, kunyit dikatakan manjur untuk meredakan mual ketimbang jika dikonsumsi sendiri. Menarik,‘kan?

Sebuah studi dalam jurnal Food tahun 2017 membuktikan bahwa menambahkan lada hitammembantu manfaat rempah kuning ini lebih terasa maksimal. Sebab sebetulnyasetelah dikonsumsi, kandungan curcumin dalam kunyit lambat diserap ke dalamaliran darah. Ini yang membuat Anda bisa kehilangan khasiat dari kunyit itusendiri.

Nah, penelitiantersebut menunjukkan piperin dalam lada hitam meningkatkan penyerapan curcuminsampai dua ribu persen lebih cepat ke dalam darah sehingga siap untuk digunakanoleh tubuh. Piperin juga memperlambat pemecahan curcumin oleh hati sehinggalebih bertahan lama dalam darah.

Meredakan nyeri haid

Perempuan Indonesiamungkin sudah sangat akrab dengan jamu kunir asam yang dapat membantu meredakan nyeri haid (PMS). Ternyata, manfaat ini bukan cuma sekadar nasehat warisan nenekmoyang saja, lho!

Kandungan kurkuminkunyit memiliki khasiat pereda nyeri alami (analgesik)yang bekerja dengan melemaskan kontraksi rahim penyebab perut kram. Selain itu,kurkumin juga mengurangi aliran masuk ion kalsium pada sel-sel epitel rahim danmengurangi produksi prostaglandin, hormon yang menciptakan rasa sakit danperadangan.

Manfaat kunyit inisemakin diperkuat oleh efek antioksidan tannin, saponin, sesquiterpenes,alkaloid, dan phlobotamin dari asam jawa yang menenangkan kontraksi rahim.Meski begitu, beberapa ahli menyarankan wanita yang perdarahan menstruasinyaberat untuk tidak mengonsumsi kunyit.

Menurunkan berat badan

Kurkumin kunyitberfungsi menekan respon peradangan pada sel tubuh, temasuk sel pankreas,lemak, dan otot. Reaksi ini dapat membantu mengurangiresistensi insulin,menurunkan kadar gula darah, dan kolesterol serta gangguan metabolik lainnyaakibat berat badan berlebih.

Namun, lagi-lagimanfaat kunyit ini bisa Anda peroleh jika mengombinasikannya dengan asam jawa.Sebab dikonsumsi sendiri, kunyit lambat diserap ke dalam darah tapi lebih cepatdipecah oleh hati sehingga tubuh tidak merasakan banyak manfaatnya.

Dalam jangka panjang,minum jamu kunyit asam dapat membuat hasil penurunan berat badan jadi lebihmaksimal.

Mengendalikan gula darah

Jika Anda punyadiabetes, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan pengobatan alami untukmengendalikan gula darah tetap stabil. Salah satu yang bisa Anda coba adalahkunyit. Sebuah studi tinjauanterbitan tahun 2013 menunjukkan curcumin dapat menurunkan kadar glukosa dalam darah.

Penelitian lainmenunjukkan bahwa suplemen ekstrak kunyit membantu meningkatkan fungsi insulin,menstabilkan kadar gula darah, dan membuat gejala diabetes lebih mudahditangani. Hal ini kemudian membantu menurunkan risiko komplikasi terkaitdiabetes yang diakibatkan oleh peradangan.

Do you want to be our reseller?

We'd love to work with you!