Life Hacks Journal

Manfaat Serai, Dari Detox Hingga Menurunkan Kolesterol

May 20, 2021
Stamina dan Imunitas

Pada masakan khas Indonesia, serai tentunya punya posisi tersendiri di kalangan chef atau ibu-iburumah tangga. Selain menambah wangi, menambah cita rasa, rasanya kurang lengkap jika sejumlah makanan atau minuman hangat dihidangkan tanpa serai. Nah,ternyata serai juga mempunyai berbagai manfaat kesehatan, lho. Lebih lanjutnya silakan simak penjelasan di bawah ini.

Apa saja kandungan gizi dan manfaat serai untuk tubuh?

Serai mengandung banyak vitamin dan gizi seperti vitamin A dan C, asam folat, magnesium, zat besi, kalium, fosfor, dan kalsium.

Tidak hanya vitamindan energi saja, serai juga memiliki sifat anti bakteri yang menguntungkan,antara lain analgesik, anti-inflamasi, antidepresan, antipiretik, antiseptik,antibakteri, antijamur, zat karminatif, diuretik, dan insektisida.

Daun, batang dan umbiserai semua bagian dari tumbuhannya bisa digunakan menjadi khasiat kesehatantubuh seperti di bawah ini.

1. Menangkal Penyakit

Aktivitas antioksidan yang terdapat pada ramuan serai dapat memberikan manfaat berupa perlindungandari radikal bebas, membantu dalam menjaga kadar kolesterol tetap seimbang,serta meningkatkan kekebalan tubuh.

Karena antioksidannya,mengonsumi teh atau minuman mengandung serai akan bantu menjauhkan Anda daririsiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, kanker, dan obesitas.

2. Sebagai Aroma Terapi pengusir nyamuk

Serai juga jugadiketahui dan dimanfaatkan sebagai aromaterapi oleh bangsa India dan TimurTengah. Di Indonesia sendiri batang serai ditumbuk dan didiamkan beberapa saatsetelah tidur, untuk membantu mengusir nyamuk yang menyebabkan gatal dan demamberdarah.

3. Mencegah naiknya kolesterol

Daun dan akar seraimemiliki sifat anti-hiperlipidemia dan sifat anti-hiperkolesterolemia yangmembantu menghasilkan kadar kolesterol yang sehat.

Penelitian telahmenunjukkan bahwa mengonsumsi rutin teh serai, telah menunjukkan hasil yangsignifikan dalam mempertahankan tingkat trigliserida dan mengurangi kolesterol jahat(LDL) dalamtubuh.

4. Detoksifikasi

Manfaat serai lainnyaadalah dapat membantu membersihkan zat-zat beracun berbahaya yang masuk kedalam tubuh.

Detoksifikasi dengantanaman serai membantu membantu melancarkan fungsi berbagai organ tubuh,termasuk fungsi hati dan ginjal. Mengonsumsi teh serai juga dapat berkhasiatmelancarkan buang air kecil.

5. Mengobati Insomnia

Manfaat selanjutnya,sereh didapuk berkhasiat membantu untuk menenangkan otot-otot dan saraf yangmembantu Anda lebih nyenyak saat tidur.

Penelitian telahmenunjukkan bahwa teh serai memiliki obat penenang dan zat hipnotis yang bisamembantu dalam meningkatkan waktu dan kualitas tidur.

6. Mengobati infeksi dan penyakit kulit

Sereh dapat bekerjasebagai antiseptik dan efektif dalam mengobati infeksi kulit seperti kurap,luka, kudis, dan infeksi salurankencing karenamengandung sifat anti-mikrobanya yang mampu membasmi jamur pada tubuh.

Penelitian menunjukkanbahwa ekstrak serai menimbulkan efek baik pada infeksi kulit. Jamur patogenpada kulit akan lenyap jika Anda rajin mengoleskan ekstrak serai pada kulityang bermasalah.

7. Bantu memberikan efek menenangkan

Minum teh hangatbiasanya menjadi salah satu solusi untuk membuat tubuh dan pikiran lebihrileks. Nah, ternyata tak hanya dari teh kamomil, teh sereh juga bisamemberikan manfaat yang sama, lho.

Melansir dari MemorialSloan Kettering Cancer Center, mencium aroma sereh dapat membantu meringankangejala-gejala yang terkait dengan kecemasan. Namun, hal ini masih membutuhkanpenelitian lebih lanjut untuk benar-benar membuktikan keefektifannya.

8. Bantu mengatasi kembung

Konsumsi sereh dapatmenimbulkan efek diuretik, artinya rempah satu ini dapat merangsang ginjal untuk mengeluarkanlebih banyak urine dari biasanya.

Khasiatnya bahkanpernah terbukti pada sebuah studi skala kecil yang terbit pada Journal ofRenal Nutrition yang menunjukkan bahwa minum air sereh dapat meningkatkanproduksi urine lebih banyak dari minuman lain.

Efek ini tentunyasangat bermanfaat, terutama bagi Anda yang sedang mengalami sindrompramenstruasi. Mengingat pada saat-saat tersebut tubuh biasanya mengalamiretensi air.

Do you want to be our reseller?

We'd love to work with you!